Sabtu, 13 Januari 2018

BACKPACKER SENDIRI KE GILI KETAPANG

YA..sesuai judul kali ini gw akan berbagi pengalaman pada saat gw solopacker ke GILI KETAPANG.
Dalam setiap perjalanan gw emang paling suka melakukan solo traveling,alasanya: pertama,karena gw ga punya banyak modal untuk jalan bareng-bareng.Walau sebenarnya jalan bareng-bareng itu bisa lebih mengirit budget dengan sharecost biaya dalam perjalanan.alasan kedua, gw ga suka ribet apalagi harus berdebat masalah waktu,tujuan,tempat makan dan tempat tidur.Dengan berjalan sendiri gw merasa bebas tanpa adabeban moral ke teman yg lain.Sekalipun ada yg mau gabung dan ikut perjalanan gw,mereka harus ikutin cara dan rules gw.
Langsung aja deh,,dan kalian yg ngbaca pun ga perlu intro dari gw.yang kalian butuhkan hanya sekedar info rute,biaya,dan seputar destinasi tujuan.

Dari Bandung Biaya yg gw habiskan untuk ke GILI KETAPANG,PROBOLINGGO cuma 350 ribu
ko bisa?? murah banget
Ibarat kata kalian bawa duit 400 ribu udah cukup banget buat jajan dan makan.ini mah opsional sih
intinya perjalanan tanpa makan dan jajan itu 350ribu.

Ini adalah stasiun Kiaracondong-Bandung dimana titik awal gw melakukan perjalan menuju probolinggo.

TIPS BACKAPCKER  dari gw untuk ke GILI KETAPANG-PROBOLINGGO dengan kereta api dari Bandung dengan rute:
1. BANDUNG-JOGJA-PROBOLINGGO || TIKET 178 RIBU x 2 (PP)
2.BANDUNG-SURABAYA-PROBOLINGGO || TIKET 123 RIBU x 2 (PP)
3.BANDUNG -BLITAR-MALANG (sewa motor di malang 75ribu/hari) || TIKET  96 RIBU (pp)
Pada saat itu gw ambil rute no 2, transit di surabaya. kalian tinggal pilih aja enak nya yg mana.

Waktu itu gw mulai berangkat pagi hari dengan kereta pasundan tujuan surabaya,,dengan tiket 94 ribu dan Sampai surabaya jam 10 malam. Di surabaya ini gw lumayan lama menunggu kereta probowangi tujuan probolinggo,karena kereta mulai berangkat dari stasiun gubeng ke stasiun probolinggo jam 04:25 subuh.
Sambil menunggu kereta gw cari makan disekitar stasiun karena perut udah lapar,,banyak tukang makanan di sepan stsiun gubeng surabaya.Sambil ngobrol dengan para tukang taksi,ojek dan orang2 sekitar waktu ga begitu terasa. Tapi badan gw lumayan lelah dan ingin rebahan.
BErhubung dana terbatas gw ga ngambil penginapan , walau banyak penginapan murah yg di bawah 100ribuan di sekitar stasiun salah satu nya LIVINN HOSTEL. LAgian di depan stasiun ada beranda yg lumayan enak buat sekedar melepas lelah,dan banyak juga orang-orang yg pada tidur disitu
akhirnya gw tidur di halaman depan stasiun gubeng.

Sekitar jam 03.30 gw bangun dan langsung cetak tiket yg udah gw beli sebelum nya dengan tujuan surabaya-probolinggo kereta probowangi. harga tiket kereta ini cukup murah cuma 29 ribu.
Setelah cetak tiket dan sambil nunggu kereta,gw beli kopi  sambil menikmati lalu lalang warga surabaya.
Akhirnya jam 04:25 kereta probowangi berangkat, cukup perjalanan 2 jam sampailah di stasiun probolinggo jam setengah 7 pagi. Dari stasiun probolinggo tinggal jalan kaki menuju pelabuhan tanjung tembaga

Sampai di tanjung tembaga gw ketemu sama orang yg ngurusin paket snorkeling di gili ketapang
menurut gw paket disana murah banget. Paket snorkeling cuma 90 ribu include nyebrang pelabuhan-giliketapang PP -makan,kapal,alat snorkeling,dokumentasi.Dan mantap nya lagi disana ga ada minimal kuota
jdai sekalipun lo sendiri kesana tanpa ada orang lain lagi, lo tetep akan bayar 90 ribu
dan kebayang kan lo private trip yg begitu murah.asal kesana nya weekday haha

Kalo kalian ga ingin ikut paket snorkeling ,kalian akan bayar nyebrang dari pelabuhan ke pulau dengan harga 7000 sekali jalan
dan nanti di pulau kalian akan tetep bayar 90 ribu untuk snorkeling nya, mendingan ikut paket sekalian. cuma paket ini ODT ya,,

Gili ketapang adalah sebuah pulau yg berada probolinggo,Mayoritas penduduk gili ketapang itu islam
bahkan katanya semua penduduk nya itu islam. Selain snorkeling disana juga ada Banana sport dengan biaya tambahan. Di gili ketapang ga ada penginapan,bahkan camping disana pun ga boleh.
dulu sih katanya boleh,,cuma sekarang2 ini udah ga boleh.karena mayoritas warga nya fanatik banget
mungkin ga ingin tanah nya ternodai oleh hal hal buruk para wisatawan, (i agree) an you know lah.
Waktu yg bagus buat ke gili ketapang itu pagi hari,selain ga terlalu panas dan kita juga bisa puas berlama lama menikmati pulau itu,tenang aja penyebrangan kembali ke pelabuhan tanjung tembaga sampai jam 9 malam.

Ada hal yg bikin gw kaget karena di pulai ini kan banyak kambing,nah kambing nya itu tuh ga makan rumput. Dia makan kertas,kardus,duit kertas,ikan. tapi kambing nya tetep keliatan sehat walau rada kurus cuma perutnya doang buncit. beda lah kambing makan rumput dan yg tidak kegemukan nya.
kambing nya pun pada main di pantai hihi
Waktu snorkeling disini sekitar 2 jam'an ,dan waktu itu sih gw di kasih 3 spot snorkeling
DI spot snorkeling ini ada rumah untuk kawanan nemo yg ramah banget kalo diajak berfoto-foto

untuk yang ga bisa berenang ga usah khawatir,,kalian dijamin bakalan tetap bisa foto bareng sama nemo dengan bantuan guide yg ramah ramah dan friendly banget

gw akuin pulau ini cukup asik dan memuaskan dari segi fasilitas,harga dan ramah nya warga

sekitar jam 5 sore acara main main gw selesai dan waktunya kembali ke pelabuhan tanjung perak.karena ngejar kereta probowangi tujuan probolinggo-surabaya berangkat jam 19:00


Setelah kembali ke surabaya,perjalanan selanjutnya tinggal pilih kota mana lagi yg akan di kunjungi
malang,banyuwangi,jogja atau balik ke titik awal (rumah)
ya inilah cerita perjalanan singkat gw dari barat ke timur pulau jawa



1 komentar: